Menikamti Indahnya Pemandangan Hutan Mangrove Kota Langsa

Diposting pada

Di Kota Langsa terdapat sh satu oobjek wisata yang sangat digemari oleh masyarakat sekitar. Tempat itu adalah Hutan Mangrove Kuala Langsa, Kota Langsa. Hutan mangrove ini sangat sejuk, rimbun dan masih terjaga kelestariannya. Oleh karena itu sangat banyak sekali para wisatawan lokal maupun luar daerah yang sering berkunjung ke tempat ini untuk menikmati pemandangan yang indah ini. Hari ini saya dan teman teman saya mencoba mendatangi tempat itu dan menikmati keindahannya. Kami berangkat sebanyak 3 orang dengan menggunakan 2 sepeda motor. Kami berang sekitar jam 11 pagi. Waktu tempuh daru pusat kota langsa ke kuala langsa sekitar 15 – 30 menitan saja. Kamipun langsung saja tancap gas, setibanya di hutan mangrove Langsa, kamipun segera memarkirkan motor kami, dan bergegas masuk kehutan mangrove. Sebelum masuk, kamipun membayar tiket 3 orang dengan harga Rp 7.500.

Wisata hutang mangrove ini sepertinya dikelola oleh pemkot Langsa. Kami mencoba masuk dengan melwati jembatan kayu yang dibangun dengan kokoh untuk kenyamanan para pengguna. Sangat adem di tempat ini karena suasana hutan mangrove yang tinggi sehingga kami tidak kepanasan oleh terik matahari. Dibawah terlihat air rawa yang lagi pasang. Sangat genap perjlanan kali ini dikarenakan air lau pasang sehingga hutan mangrove ini makin indah bak kolam dipenuhi pohon rindang.

Kami terus menelusuri jembatan kayu itu, terlihat juga banyak monyet yang bergelantungan di pohon mangrove yang tinggi sambil merengkik rengkik. Entah mereka bahagia atau tidak, pastinya saya tidak tau karena saya bukan monyet. Jembatan ini ternyata berbentuk mirip lingkaran, dimana setengah dari jembatan sudah dibeton sehingga lebih kuat dari lapuk. Kami terus menelusuri sejauh mana jembatan ini bangun. Diujung jembatan ada sebuah jembatan besar yang menyebrangi sungai. Jembatan ini dibuat dari kayu yang bagus, saya tidk tau kayu ini terbuat dari jati atau tidak, tetapi ornamennya sangatlah bagus. Saya membaca sebuah peringatan di depan jembatan itu yang tertulis tidak boleh melewati 50 orang diatas jembatan.

Saya dan teman teman tidak mau ketinggalan momen ini. Kamipun mengambil beberapa foto kenang kenangan di jembatan itu. Diseberang jembatan ada jembatan kecil mirip darmaga untuk istirahat orang orang. Terlihat banyak orang yang ngobrol dan duduk duduk disana. Lebih jauh lagi ada sebuah menara setinggi 10 meter, dimana diatas menara ada gubuk kecil yang bisa ditempati yang sudah dihubungkan dengan tangga.

Saya dan teman teman sudah merasa puas, kamipun bergegas untuk pulang, jalan pulang tidak sma dengan jalan masuk. Dijalan keluar kami banyak menemukan fasilitas umum yang sudah disediakan disana. Kami melihat ada toliet lengkap untuk pria dan wanita. Lanjut lagi kami berjalan dan kami menjumpai mushola untuk sholat, terlihat disana ada orang yang lagi sholat. Makin menuju gerbang keluar kami melihat banyak tempat makan, warung warung atau kanti yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Ada juga rumah rumah kosong yang ornamennya bagus, tapi saya sendiri bingung itu tempat apa. Akhirnya perjalanan seru kami sudah berakhir, dan hari ini kami bahagia telah menikmati keindahan hutan mangrove kota Langsa.