Pahit Manisnya Ketika Mengunjungi Kuala Langsa

Diposting pada

Kota Langsa adalah salah satu kota pesisir di Indonesia yang langsung bersinggungan denga laut, yakni selat Malaka. Kota Langsa sendiri memiliki darmaga yang letaknya di Kuala Langsa dan disebut darmaga Kuala Langsa. Dari darmaga inilah para pelaut dan nelayan memulai aktifitasnya.

Didarmaga ini pulalah terjadinya mobilitas penduduk kota Langsa dengan desa Pusong salah satu desa terluar dikota Langsa yang hanya bisa ditempuh dengan jalur laut. Darmaga ini bisa dikatakan besar dan terpisah menjadi dua tempat, dimana tempat pertama darmaga untuk para penumpang dan para nelayan yang ingin melaut. Sedangkan tempat kedua juga memiliki fungsi yang sama, tetapi lebih luas.

Ditempat ini juga biasanya saya melihta ada kapal patroli Polisi yang bersandar. Disamping darmaga ini ada juga Markas TNI AL.

Lebih jauh kearah timur ada sebuah landasan udara. Landasan udara ini pernah digunakan oleh gubernur aceh untuk mendarat dalam kunjungannya kekota Langsa.

Saya sendiri bukanlah pertama kalinya ketempat ini, melainkan sudah sering dan berkali kali, karena kali setiap bosan dikos kosan pastinya saya dan teman teman pergi ketempat ini untuk refresing. Tempat ini sangatlah ramai, banyak masyarakat yang datang, banyak juga pedagang ditempat ini. Ditempat inipulalh pernah menjadi penampungan pengungsi dari Rohingya.

Didarmaga ini banyak sekali aktifitas. Saya pernah masuk kedalam darmaga yang dibangun berebntuk jembatan dengan lebar 1 meter saja, dimana untuk membawa motor saja susah.

Ditempat ini biasanya dipenuhi oleh para pemamncing ikan. Mereka bisa memancing ikan untuk sekedar rekreasi saja menurut saya.

Dari darmaga inipula saya bisa melihat kearah jauh kelaut dimana para nelayan kesana kemari untuk menjala ikan menggunakan kapal kecil yang bermesin. Setiap hari aktifitas ditempat ini sangat rame.

Selama saya disana, kami mencoba masuk kelandasan udara dipintu masuk sebelumnya kami sudah membayar dan kami diberikan bon karcis pembayaran.