K13 : Perangakat Pembelajaran Pai Kelas 1-6 Sd/Mi Kurikulum 2013 (Rpp, Silabus, Kkm, Prota, Promes)

Diposting pada

Setiap menghadapi tahun anutan baru, tentunya guru selalu disibukkan dengan kegiatan pembuatan perangkat pembelajaran yang di dalamnya telah termuat RPP, SILABUS, KKM, PROTA dan PROMES yang telah sesuai dengan Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Olehnya itu dalam kesempatan kali ini, admin akan membagikan Perangkat Pembelajaran PAI yang sanggup di unduh secara gratis tidak ribet dan yang pastinya gratis, biar sanggup memudahkan Bapak/Ibu Guru dalam menjalanakan kiprah keseharian sebagai pendidik.

Pengantar

guruan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu pendidikan yang secara fundamental sanggup dapat menanamkan moral kepada anak didik melalui penyesuaian dan pengamalan pembelajaran agama islam secara menyeluruh (kaffah).Oleh alasannya yaitu itu, guruan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai suatu mata pelajaran dimasukkan ke dalam kurikulum jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK, baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler.

Kompetensi, muatan materi, dan pembelajaran guruan Agama dan Budi Pekerti dikembangkan dengan pertimbangan untuk kemaslahatan hidup insan secara hening dan serasi (to live together in peace and harmony).

Pembelajaran PAI dilaksanakan berbasis kegiatan dan pengalaman pribadi yang berorientasi pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Penumbuhan dengan memakai prinsip pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan untuk menyebarkan aksara penerima didik lebih lanjut.

satuan pendidikan sebagai taman yang menyenangkan untuk tumbuh berkembangnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap penerima didik yang menempatkan pengetahuan sebagai sikap (behavior), tidak hanya berupa hafalan atau verbal.

guruan Agama Islam dan berpatokan pada aqidah Islam yang bermuatan tauhid atau keesaan Allah Swt. sebagai sumber utama nilai-nilai kehidupan bagi insan dan alam semesta. Sumber lainnya yaitu moral yang merupakan manifestasi dari aqidah, yang sekaligus merupakan landasan pengembangan nilai-nilai aksara bangsa Indonesia.

Dengan demikian, guruan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan pendidikan yang ditujukan untuk sanggup menserasikan, menselaraskan dan menyeimbangkan antara iman, Islam, dan ihsan yang diwujudkan dalam:

  1. Membentuk insan Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. serta mempunyai moral yang mulia dan berbudi pekerti luhur (Hubungan insan dengan Allah Swt.)
  2. Menghargai, menghormati dan menyebarkan potensi diri yang berlandaskan pada nilai-nilai keimanan dan ketakwaan (Hubungan insan dengan diri sendiri).
  3. Menjaga kedamaian dan kerukunan relasi inter dan antar umat beragama serta menumbuhkembangkan moral mulia dan kecerdikan pekerti luhur (Hubungan insan dengan sesama).
  4. Penyesuaian mental keislaman terhadap lingkungan fisik dan social (Hubungan insan dengan lingkungan alam).

  • Kompetensi Setelah Mempelajari guruan Agama Islam dan Budi Pekerti di guruan Dasar dan guruan Menengah

guruan Agama Islam dan disusun dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan penerima didik dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan Agama Islam kemudian dirumuskan secara khusus dalam guruan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai berikut:

  1. Menginternalisasikan aqidah melalui pemberian, penghayatan, pengamalan dan pengalaman belajar, pembiasaan, serta pengalaman penerima didik wacana Agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt.; dan
  2. Menciptakan insan Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu insan yang berpengetahuan, rajin beribadah, taat kepada orang tua, hormat kepada sesame, cerdas, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta menyebarkan budaya agama Islam dalam kehidupan sebagai warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia.
  • Kompetensi Setelah Mempelajari guruan Agama Islam dan Budi Pekerti di satuan pendidikan Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Kelas I – III
Kelas IV – VI
·      Al-Qur’ān
Terbiasa membaca al-Qur’ān. Membaca, menulis, menghapal dan memahami makna surat-surat pendek pilihan dalam al-Qur’ān.
Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
·      Al-Qur’ān
Terbiasa membaca al-Qur’ān.
Membaca, menulis, menghapal dan memahami makna surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan dalam al-Qur’ān.
Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
·      Aqidah
Menerima, mengakui, meyakini dan memahami sifat-sifat Allah Swt., makna Asmaul Husna, dua kalimat syahadat.
·      Aqidah
Menerima, mengakui, meyakini dan memahami sifat-sifat Allah Swt., makna Asmaul Husna, iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt, Rasul Allah, makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya, beriman kepada hari akhir, beriman kepada qada dan qadar.
·      Akhlak
Meyakini, memahami makna do’a sebelum dan setelah belajar, perilaku hormat, patuh, berkata yang baik, sopan dan santun kepada orangtua dan guru,makna bersyukur, pemaaf, jujur, dan percaya diri, berdoa sebelum dan setelah makan, sikap kasih akung, kolaborasi dan saling tolong menolong kepada sesama, sikap tawaduk, ikhlas, mohon pertolongan, peduli terhadap sesama dan bersyukur
·      Akhlak
Meyakini, memahamisikap santun, menghargai teman, rendah hati, hemat, jujur, amanah, pantang menyerah, hormat dan patuh kepada orangtua dan guru, gemar membaca, perilaku jujur, hormat dan patuh kepada orangtua dan guru, saling menghargai sesama manusia, sederhana dan Ikhlas berzakat dalam kehidupan sehari-hari.sikap toleran dan simpatik.
·      Fiqih
Meyakini, memahami tata cara bersuci, şalat dan kegiatan agama di sekitar rumah dan sekolah, makna zikir dan doa setelah şalat
·      Fiqih
Meyakini, memahami tata cara bersuci dari hadas kecil  sesuai ketentuan syari’at Islam, makna salat, puasa Ramadan, pelaksanaan şalat tarāwih dan tadārus al-Qur’ān, hikmah zakat, infaq, dan sedekah.
·      Sejarah Peradaban Islam
Meyakini, memahami dan meneladani dongeng Nabi Adam a.s., Nabi Idris a.s., Nabi Nuh a.s., Nabi Hud a.s.,Nabi Saleh a.s., Nabi Lut a.s., Nabi Ishaq a.s., Nabi Ya’qub a.s., Nabi Yusuf a.s., Nabi Syu‘aib a.s., Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s.,  dan Nabi Muhammad saw.
·      Sejarah Peradaban Islam
Meyakini, memahami dan meneladani dongeng Nabi Ayyub a.s., Nabi Zulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s.,Nabi Dawud a.s., Nabi Sulaiman a.s., Nabi Ilyas a.s., Nabi Ilyasa’ a.s.,Nabi Yunus a.s., Nabi Zakariya a.s., Nabi Yahya a.s., Nabi Isa a.s.,kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw., dan Wali Allah yang sembilan (Wali Songo), kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’ān

Berikut Link unduh untuk Perangkat Pembelajaran guruan Agama Islam untuk Kurikulum 2013 Edisi Revisi:

Silabus


Prota


Promes semester 1


Promes semester 2

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Lihat juga: Soal dan Jawaban UP UKM PPG

Sekian post mengenai wacana Perangakat Pembelajaran PAI Kelas 1-6 SD/MI Kurikulum 2013 (RPP, SILABUS, KKM, PROTA, PROMES), semoga sanggup membantu meringankan beban manajemen Bapak/Ibu Guru sekalian