K13 : Ringkasan Administrator Hasil Un Sma/Ma Jurusan Ipa, Masukan Untuk Pembelajaran Di Sekolah

Diposting pada

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA telah selesai dilaksanakan, yang pelaksanaannya serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, namun dengan selesainya pelaksanaan Ujian Nasional tersebut menyisakan banyak Pekerjaan Rumah (PR) bagi para pemangku kepentingan dalam Dunia guruan untuk terus memperbaiki mutu pendidikan di Negeri ini.

Untuk rilis Ringkasan Eksekutif UN Tahun 2019 nampaknya belum rilis, yang muncul pada laman PUSPENDIK hanyalah Ringkasan Eksekutif Tahun 2018, namun tetap kita harus mengetahui untuk memperbaiki apa saja yang kurang dalam hasil UN

Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Salah satu kegunaan hasil UN yaitu training kepada satuan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan. Setiap tahun Pusat Penilaian guruan mempublikasikan hasil UN dalam bentuk aplikasi analisis hasil UN yang didistribusikan ke dinas pendidikan.

Beberapa tahun terakhir, hasil UN juga sanggup diakses melalui laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. Hasil UN tersebut telah dimanfaatkan antara lain oleh Ditjen Dikdasmen untuk menawarkan bimbingan kepada sekolah-sekolah dengan capaian UN yang belum optimal. Selain itu, sebagian dinas pendidikan dan sekolah juga telah memanfaatkan hasil UN untuk training guru. Ringkasan Eksekutif ini merupakan upaya untuk melengkapi publikasi hasil UN yang telah ada.

Ringkasan ini tidak melaporkan semua kompetensi yang diujikan, namun mengangkat beberapa topik atau kompetensi yang dikuasai dan yang belum dikuasai akseptor didik beserta rekomendasi pembelajaran
Ada beberapa mata pelajaran pada jenjang SMA/MA dalam Ringkasan ini disajikan referensi soal beserta pembahasan soal.

diantaranya :

1. Bahasa Indonesia,
2. Bahasa Inggris,
3. Matematika,
4. Fisika,
5. Biologi, dan
6. Kimia

Dengan mengetahui perbaikan yang harus dilakukan oleh guru maupun sekolah, dibutuhkan kompetensi yang sudah dikuasai sebagian besar akseptor didik akan dikuasai oleh seluruh akseptor didik; sedangkan untuk kompetensi yang belum dikuasai sebagian besar akseptor didik akan sanggup ditingkatkan penguasaannya melalui perbaikan pembelajaran. Pada hasilnya dibutuhkan mutu lulusan yang berikutnya sanggup lebih meningkat.

Ringkasan dan Pembahasan

Bahasa Indonesia SMA/MA 

Lingkup bahan yang diujikan dalam UN pada mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang satuan pendidikan Menengah Atas (SMA) meliputi: 1) membaca nonsastra, 2) membaca sastra, 3) menulis terbatas, 4) menyunting kata, kalimat, paragraf, dan 5) menyunting ejaan dan tanda baca. Lingkup bahan tersebut diuji melalui tiga level kognitif yaitu, pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Temuan hasil UN 2018 memperlihatkan bahwa sebagian besar akseptor didik Sekolah Menengan Atas bisa memahami aneka macam isi teks, baik teks tunggal maupun multiteks,baik sastra maupun nonsastra. Hal ini mungkin sebab teks yang disajikan pada UN tahun 2018 relatif pendek dari segi ukuran dan sederhana dari segi kompleksitas kebahasaan.

Untuk menulis terbatas sebagian besar akseptor didik tidak mengalami kesulitan dikala kiprah relatif sederhana, menyerupai mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu tetapi sebagian mengalami kesulitan dikala kiprah lebih kompleks menyerupai memilih kesimpulan untuk melengkapi paragraf

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2018 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sanggup di Unduh (DOWNLOAD)

Bahasa Inggris SMA/MA 

Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat Sekolah Menengan Atas pada tahun 2018 meliputi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal/transaksional, teks fungsional pendek (antara lain announcement, letter dan invitation), dan teks descriptive, recount, narrative, procedure, report, exposition, biography, serta news item yang diujikan melalui keterampilan listening dan reading. Soal-soal ujian meliputi level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran

Berdasarkan balasan akseptor didik terhadap soal-soal Bahasa Inggris SMA, ditemukan bahwa soal yang menuntut akseptor didik menemukan gagasan utama dari paragraf merupakan soal yang dapat dijawab benar oleh sebagian besar akseptor didik. Menemukan gagasan utama sebuah paragraf mudah bagi mereka sebab gagasan utama biasanya ditemukan pada awal atau kalimat pertama dari paragraf. Selain itu, teks-teks masih melibatkan paragraf-paragraf pendek.

Sementara, soal yang menghendaki akseptor didik untuk making inferences dan menemukan makna kata sesuai konteks merupakan soal-soal yang tidak sanggup dapat dijawab benar oleh sebagian peserta didik. Sebagian besar akseptor didik juga mengalami kesulitan pada soal yang menguji penggunaan kata hubung.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2018 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris sanggup di Unduh (DOWNLOAD)

Matematika SMA/MA 

Lingkup bahan yang diujikan pada mata pelajaran Matematika SMA/MA yaitu Aljabar, Kalkulus, Geometri dan Pengukuran, dan Statistika. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran

Berdasar kajian terhadap hasil analisis UN 2018, ditemukan bahwa secara umum akseptor didik SMA/MA sanggup mengerjakan soal-soal yang hanya memakai rumus baku serta cara pengerjaan baku, menyerupai jenis soal No.1. Mereka menguasai soal-soal yang bahkan melibatkan manipulasi aljabar dan perhitungan yang panjang serta rumit.

Namun mereka justru kesulitan mengerjakan soal matematika yang mengharuskan mereka membaca, memahami makna soal sebelum sanggup melaksanakan penyelesaian, menyerupai pada soal No. 2 dan 3. Bahkan mereka tidak berhasil menghadapi soal menyerupai No. 2 yang tidak memerlukan kemampuan berhitung sama sekali

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2018 untuk mata pelajaran Matematika sanggup di Unduh (DOWNLOAD)

Biologi SMA/MA 

Lingkup bahan yang diuji pada mata pelajaran biologi Sekolah Menengan Atas yaitu sebagai berikut: 1) keanekaragaman hayati; 2) struktur dan fungsi makhluk hidup; 3) biomolekuler dan bioteknologi; serta 4) genetika dan evolusi. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sementara itu, jenis pengetahuan ilmiah yang diujikan meliputi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural

Siswa lebih gampang memahami gosip yang disajikan dalam bentuk teks (uraian kata-kata) dibandingkan dengan gosip dalam bentuk tabel. Soal dalam bentuk uraian teks dijawab lebih banyak benar oleh akseptor didik dibandingkan soal yang disajikan dalam bentuk tabel (data percobaan).

Selain itu, sebagian akseptor didik telah mempunyai kemampuan dalam menafsirkan data sederhana dalam bentuk grafik garis, dan dalam memilih variabel percobaan. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi fakta terkait struktur morfologi makhluk hidup pada gambar. Siswa juga masih kesulitan dalam mengelompokkan (mengklasifikasikan) makhluk hidup ke dalam takson yang sesuai.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2018 untuk mata pelajaran Biologi sanggup di Unduh (DOWNLOAD)

Fisika SMA/MA 

Soal UN mata pelajaran Fisika SMA/MA mengukur capaian kognitif pada level Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi/Penerapan, dan Penalaran, dalam lingkup materi: a) Pengukuran dan Kinematika, b) Dinamika, dan c) Usaha, Energi, dan Tumbukan, d) Kalor, e) Gelombang dan Cahaya, serta f) Listrik, Magnet, dan Fisika Modern.

Soal-soal aplikasi (penerapan) yang secara umum dikuasai menerapkan rumus untuk memilih besaran fisis tertentu, lebih gampang bagi akseptor didik dibandingkan dengan soal-soal konseptual yang membutuhkan penalaran. Soal-soal dengan konteks yang sudah dikenal akseptor didik (familiar) dan sering ditemukan dalam ujian-ujan sebelumnya atau dalam latihan di sekolah menjadi soal rutin, pada umumnya sanggup dijawab benar oleh akseptor didik.

Namun, permasalahan sederhana dalam soal dengan konteks yang sudah dikenal dikala disajikan dalam format soal yang tidak biasa, dan penyelesaiannya memerlukan mekanisme yang tidak rutin (tidak biasa) ternyata menjadi sulit bagi akseptor didik.

Siswa mengalami kesulitan dikala berhadapan dengan soal-soal yang dilengkapi dengan tabel, gambar, diagram, dan grafik. Siswa belum terampil mengolah gosip yang disajikan dalam tampilan tersebut. Siswa belum memahami konsep fisika secara terintegrasi sehingga sulit menuntaskan permasalahan yang mengaitkan aneka macam konsep fisika

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2018 untuk mata pelajaran Fisika sanggup di Unduh (DOWNLOAD)

Kimia SMA/MA 

Lingkup Materi soal Kimia SMA/MA yang diujikan meliputi lima kelompok: 1) kimia dasar; 2) kimia analitik; 3) kimia fisik; 4) kimia organik; 5) kimia anorganik. Level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran.

Hasil analisis memperlihatkan akseptor didik relatif tidak mengalami kesulitan menjawab soal yang menuntut pemahaman konsep khususnya pada situasi familier.

Misalnya pada soal-soal yang sudah dilatihkan dan diajarkan di kelas atau konteks yang ada di buku pelajaran. Siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan suatu konsep dalam konteks yang tidak familier, menginterpretasi data hasil percobaan/praktikum dalam gambar/grafik, dan tabel.

Kesulitan menjadi bertambah pada soal yang menuntut akseptor didik untuk menyimpulkan atau melaksanakan prediksi menurut data dari beberapa variabel. Sebagian akseptor didik juga mengalami kesulitan dikala menuntaskan soal-soal pemahaman konsep dengan bahan yang bersifat abstrak.

Berikut ringkasan Eksekutif Lengkap Soal dan Pembahasan Hasil UN Tahun 2018 untuk mata pelajaran Kimia sanggup di Unduh (DOWNLOAD)

Sekian post mengenai  Ringkasan Eksekutif Hasil UN, Masukan Untuk Pembelajaran di satuan pendidikan, biar sanggup bermanfaat bagi kita semua !