K13 : Laporan Aktualisasi Latsar Cpns Guru Tik

Diposting pada

Perhatian : Lihat Tampilan Melalui Dekstop, Laptop, Notebook, PC atau Komputer untuk tampilan yang lebih baik (versi mobile mungkin menciptakan hukum ngadminan tidak nyaman)


LAPORAN AKTUALISASI DAN HABITUASI NILAI-NILAI DASAR ASN
OPTIMALISASI PENGGUNAAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU
DI Sekolah Menengah Pertama NEGERI 16 SINJAI
PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN I
OLEH;
ANDI ZUL QADRI, S.Pd
NIP. 19940301 201903 1 009
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTRIAN DALAM NEGERI REGIONAL MAKASSAR
TAHUN 2019 


KATA PENGANTAR
بِسْمِــ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمــِ
Penulis panjatkan puji dan syukur kepada Allah yang telah menawarkan kekuatan dan kemampuan kepada ngadmin, Rasulullah yang menjadi suri tauladan dan inspirator terbaik sepanjang masa sehingga sanggup menuntaskan rancangan kegiatan aktualisasi nilai-nilai dasar ANEKA dengan segala keterbatasan yang ngadmin miliki. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa rancangan ini masih jauh daripada kesempurnaan, alasannya yaitu itu segala macam bentuk saran, perbaikan dan masukan biar rancangan ini sanggup berhasil dengan baik sangatlah ngadmin harapkan. Kepada Ibu Nasibah  selaku mentor ngadmin dan Bapak H. Rustam selaku coach dalam kegiatan ini, ngadmin juga mengucapkan banyak terimakasih atas bimbingan dan instruksi selama bimbingan dalam kegiatan ini.
Semoga laporan yang telah ngadmin buat ketika ini bermanfaat. Besar harapan dan do’a dari ngadmin, segala hal yang menjadi tujuan dari kegiatan ini sanggup berhasil dengan baik.
                                                                                                Makassar,    Agustus 2019

Penulis
BAB II

DESKRIPSI ORGANISASI

1.             
1.1.            Gambaran Umum
1.1.1.      Sejarah
SMP Negeri 16 Sinjai sebelumnya berjulukan SMPN 2 Sinjai Barat bangun pada tahun 1986, terletak di Desa Boto Lempangan, Kecamatan Sinjai Barat, kabupaten Sinjai. Pertama kali penerimaan peserta didik gres pada tahun 1987. Selama 33 tahun sejak didirikannya, sekolah ini telah mengalami pergantian Kepala satuan pendidikan sebanyak delapan kali yakni Drs. Syamsuddin Patu (1987-1989), Muh. Iskandar Mide, B.A (1989-1999), Drs, Harum Masruni (1999-2000), Drs. Haripuding (2001-2002), Arifudding Dg Mallongi (2002–2005), Hj. Sirman, S.Pd (2005-2007), Asgar, S.Ag (2007-2009)  dan Abdul Asis, S.Pd (2009-sekarang). Sejak didirikan hingga skarang sekolah ini telah mengalami empat kali pergantian nama yakni Sekolah Menengah Pertama Arabika, SLTP 2 Sinjai Barat, Sekolah Menengah Pertama 2 Sinjai Barat dan  Pada tahun 2019 mengalami perubahan nama menjadi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai menurut Peraturan Bupati Sinjai.
1.2.            Visi dan Misi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai
1.2.1.      Visi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai
“Terwujudnya sekolah bermutu, cerdas, terampil dan berdikari berlandaskan iman dan taqwa

Visi ini menjiwai warga sekolah untuk selalu mewujudkannya setiap ketika dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.  Visi tersebut mencerminkan profil dan harapan sekolah yang tergambar pada uraian berikut:
a)      berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
b)      sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
c)      ingin mencapai keunggulan
d)      melahirkan peserta didik yang cerdas
e)      membentuk peserta didik yang terampil dan mandiri
f)       mendorong semangat dan kesepakatan seluruh warga sekolah
g)      mendorong adanya perubahan yang lebih baik
h)      mendorong warga sekolah yang riligius
    Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan menurut visi tersebut
1.2.2.      Misi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Barat
1)        Melaksanakan disiplin, sehingga tercipta Sumbaer Daya Manusia (SDA) patuh yang menghargai aturan-aturan.
2)        Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
3)        Memberdayakan guru dan tenaga kependidikan lainnya, sehingga menjadi guru/pegawai  profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
4)        Menumbuhkan penghayatan terhadap fatwa agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
5)        Menyediakan dan memamfaatkan sarana dan prasarana secara maksimal
6)        Melaksanakan pelatihan-pelatihan sehingga sanggup melahirkan SDM berbakat, kreatif serta inovatif.
7)        Mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memfasilitasi terjadinya kolaborasi dan komunikasi dengan stakeholder pendidikan.
8)        Melaksanakan manajemen sekolah yang memadai sehingga sanggup memenuhi kebutuhan administrasi.
9)        Menciptakan kesehatan sekolah yang asri, sehingga terasa kenyamanan dalam melaksanakan acara di sekolah.
10)    Menciptakan guru dan pegawai yang memahami teknologi info dan komunikasi

BAB IV
CAPAIAN AKTUALISASI
Kegiatan 1
Kegiatan
Berkonsultasi dengan atasan (Kepala satuan pendidikan) terkait judul rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan.
Waktu Pelaksanaan
Senin 15 Juli 2019
Dokumentasi
Kegiatan
Capaian Kegiatan
Telah dilakukan kegiatan berkonsultasi dengan atasan (Kepala satuan pendidikan) terkait judul rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan sekaligus meminta instruksi dan petunjuk terkait kegiatan yang akan dilaksanakan.
Tahapan Kegiatan
    Membuat konsep terkait dengan rencana kegiatan aktualisasi yang akan dilaksanakan
    Membahas rencana kegiatan yang akan di lakukan
    Mencatat hasil dari persetujuan kepala sekolah
Outpu/Hasil
Terlaksananya konsultasi dengan atasan (Kepala satuan pendidikan)
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran
    Untuk melaksanakan konsultasi dengan atasan,  seorang ASN harus memakai bahasa yang baik, sopan dan santun, serta terstruktur dan sistematis, maka dari itu diharapkan pembuatan konsep biar sanggup mengutarakan maksud dengan terperinci dan gampang di pahami, (Etika Publik)
    Secara transparant dalam memberikan gagasan kepada atasan terkait rencana kegiatan yang akan dilakukan selama proses aktualisasi dan habituasi di kawasan kerja. Dan sehabis mendapatkan instruksi dari atasan kemudian menindaklanjuti instruksi tersebut dengan penuh tanggung jawab. (Akuntabilitas)
    Melakukan kegitan dengan mengedepankan orientasi mutu dan inovasi (Komitmen Mutu)
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi
Sikap sopan dan santun ketika konsultasi kepada atasan mewujudkan misi sekolah yang ke 4 yaitu “Menumbuhkan penghayatan terhadap fatwa agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
Pengutan Nilai
Organsasi
Kegiatan berkonsultasi dengan atasan menawarkan penguatan terhadap nilai organisasi 5 S yang ke 4 dan 5 yakni “Sopan dan Santun”  dan budaya aib yg ke 8 yakni “Malu tidak bertatakrama dan tidak bersopan santun”
Analisi Dampak
Jika kegiatan ini dilaksanakan tidak menjunjung tinggi nilai – nilai dasar ASN yaitu akhlak Publik, akuntabilitas dan Komitmen mutu maka ada kemungkinan kegiatan ini tidak terlakasan dengan baik dan lancar bahkan tidak menutup kemungkinan tidak terlaksana. Tanpa adanya perilaku sopan santun ketika menghadap atasan kemungkinan kegiatan ini tidak mendapatkan petunjuk bahkan persetujuan dari atasan. Dan dengan menyiapkan konsep terlebih dahulu sebelum menghadap ke atasan sanggup menciptakan konsultasi lebih terperinci dan terarah.
Kegiatan 2
Kegiatan
Menetapkan tools dan aplikasi yang sanggup meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai
Waktu Pelaksanaan
Selasa 16 Juli 2019 s/d Sabtu 20 Juli 2019
Dokumentasi
Kegiatan
   
Capaian Kegiatan
Telah dilakukan kegiatan yaitu mengumpulkan tool dan aplikasi yang berpotensi meningkatkan kinerja guru, menganalisis fitur dan fungsinya, dan keudian menyeleksi menurut kemudahan cara memakai serta kelengkapan fitur sebelum tetapkan tools dan aplikasi yang akan dipakai dalam kegiatan.
Tahapan Kegiatan
    Mengumpulkan tools dan aplikasi yang berpotensi untuk meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai
    Menganalisis fitur dan fungsi dari aplikasi tersebut.
    Menyeleksi menurut kemudahan memakai seta kelengkapan fitur.
    Menetapkan tools dan aplikasi yang akan dipakai untuk meningktakan kinerja guru.
    Membeli tools yang dapa membantu guru dalam mengakses media pembelajarannya melalui smartphone
Outpu/Hasil
Tersedianya tools dan aplikasi yang akan dipakai untuk meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran
    Lebih memproritaskan Software Buatan Developer Dalam Negeri (Nasionalisme)
    Melakukan seleksi tools dan aplikasi yang akan dipakai dengan berorientasi pada mutu, efektifitas dan efisiensi (Komitmen Mutu)
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi
Dengan tersedianya tools dan aplikasi pada smarthphone yang sanggup meningkatkan kinerja guru mewujudkan misi sekolah yang ke 5 yaitu “Menyediakan dan memamfaatkan sarana dan prasarana secara maksimal”
Pengutan Nilai
Organsasi
Kegiatan tetapkan tools ini menawarkan penguatan terhadap nilai organisasi budaya aib yang ke 4 yaitu Malu bekerja tidak terproggram”
Analisi Dampak
Dalam tetapkan tools dan aplikasi yang akan dipakai perlu dilakukan dengan teliti dan memperhatikan aneka macam aspek, muali dari kelengkapan fitur, kemudahan mengunakan, kelengkapan fitur, serta lisensi aplikasi, biar terkumpul aplikasi-aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.
Jika proses pengumpulan, analisis serta menyeleksi aplikasi tidak terealisasi maka akan berdampak pada tidak tersedianya tool dan aplikasi yang akan meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai.
Kegiatan 3
Kegiatan
Menginstal dan membuktikan cara pengguaan aplikasi 
Waktu Pelaksanaan
Senin 22 Juli 2019 s/d Sabtu 27 Juli 2019
Dokumentasi
Kegiatan
Capaian Kegiatan
Kegitan menginstal dan membuktikan cara penggunaan tools dan aplikasi ke rekan mengajar telah dilaksanakan dengan menjungjung tinggi nilai-nilai akhlak publik yakni sopan dan santun
Tahapan Kegiatan
    Melakukan instalasi aplikasi ke ponsel kawan-kawang pengajar
    Menguraiakan fitur dan fungsi dari aplikasi yang akan digunakan
    Menjelaskan cara pengguan tools dan aplikasi tersebut
Outpu/Hasil
Terwujudnya pemahaman guru-guru terhadap fitur dan fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi tersebut.
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran
    Menyampaikan fitur, fungsi serta cara penggunaan aplikasi secara cermat, sopan dan bertanggung jawab (Etika Publik)
    Dengan penuh tanggung jawab membuktikan kepada rekan guru fitur, fungsi serta cara peengguaan tools dan aplikasi yang di maksud secara jujur, transparant dan konsisten guna tercapainya sasaran yang di inginkan. (Akuntabilitas)
     
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi
Dengan membuktikan fitur, fungsi fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi pada smarthphone yang sanggup meningkatkan kinerja guru mewujudkan misi yang ke 6 yaitu “Melaksanakan pelatihan-pelatihan sehingga sanggup melahirkan SDM berbakat, kreatif serta inovatif.”
Pengutan Nilai
Organsasi
Kegiatan menginstal dan membuktikan cara penggunaan aplikasi ini  memberikan penguatan terhadap nilai organisasi budaya aib yang ke 7 dan 8 yaitu “Malu bekerja tidak bertanggung jawab” dan “Malu tidak bertatakrama dan tidak bersopan santun”
Analisi Dampak
Dalam melaksanakan kegiatan instalasi dan membuktikan fitur dan cara penggunaan aplikasi perlu dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA yaitu Etika Publik dan Akuntabilitas. Jika memberikan fitur dan cara penggunaan aplikasi tidak secara sopan dan santun, maka akan mendapakan respon yang kurang baik dari kawan-kawan pengajar. Selain itu proses instalasi dan penyampaian fitur ini harus di sampaikan secara jujur, konsisten dan bertanggung jawab
Kegiatan 4
Kegiatan
Melakukan simulasi terhadap tools dan aplikasi yang akan digunkanan
Waktu Pelaksanaan
Senin 29 Juli 2019 s/d Sabtu 10 Agustus 2019
Dokumentasi
Kegiatan
Capaiaan Kegiatan
Kegiatan simulasi pengguaan tools dan aplikasi yang sanggup meningkatkan kinerja guru ini telah dilaksanakan dengan inetgritas yang tinggi. Pendampingan simulasi cara penggunaan aplikasi telah terealisasi dengan memakai bahasa yang sopan dan santun. Kegiatan simulasi ini juga memperkenalkan kepada peserta didik bentu-bentuk penemuan yang dilakukan oleh gurunya dalam mengoptimalkan pengguaan smarthphone ke sisi positif.
Tahapan Kegiatan
    Mengimput kalender pendidikan serta acara mengajar ke Aplikasi Google Calender
    Silmulasi ketidakhadiran harian dengan menggukanan aplikasi Absensi satuan pendidikan-SiDisiplin
    Melakukan Simulasi investigasi hasil ujian pilihan ganda dengan memanfaatkan kamera Smartphone sebagai scanner mengunakan aplikasi ZipGrade
    Menguji coba Anycast sebagai device yang akan merefleksikan layar smarthphone ke proyektor
    Membuat dokumentasi
Outpu/Hasil
Teciptanya simulasi terhadap tools dan aplikasi yang sanggup meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran
    Membuat reminder guna meminimalisir (korupsi waktu) keterlambatan masuk ruangan kelas dikarenakan lupa acara mengajar. (Anti Korupsi)
    Melakukan ketidakhadiran harian dengan derma smarphone guna meningkatkan transparansi, konsistensi serta tanggung jawab dalam menilai presentase kehadiran peserta didik (akuntabilitas)
    Membuat inovasi dengan memanfaatkan kamera smarphone sebagai scanner untuk menyidik hasil ujian secara lebih efisien  (Komitmen Mutu)
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi
Dengan terciptanya simulasi terhadap tools dan aplikasi smarphone yang sanggup meningkatkan kinerja guru maka akan mendukung misi sekolah yang ke 10 yaitu “ Menciptakan guru dan pegawai yang memahami teknologi info dan komunikasi”
Pengutan Nilai
Organsasi
Kegiatan melaksanakan simulasi ini  memberikan penguatan terhadap nilai organisasi budaya aib yang ke 4 dan 7 yaitu “Malu bekerja tidak terproggram” dan “Malu bekerja tidak bertanggung jawab”
Analisi Dampak
Kegiatan simulasi terhadap tools dan aplikasi smartphone yang sanggup meningkatkan kinerja guru ini sanggup berdampak pada meningkatnya pemahaman guru-guru perihal fitur dan fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi. Dan apabila tidak dilaksanakan maka kemungkinan tools dan aplikasi ini tidak di implementasikan oleh kawan-kawan pengajar dikarenakan masih mengambangnya pengetahuan mereka mengenai fungsi dan cara penggunaan aplikasi
Kegiatan 5
Kegiatan 5
Melakukan Evaluasi
Waktu Pelaksanaan
Senin 12 Agustus 2019 s/d Sabtu 17 Agustus 2019
Dokumentasi
Kegiatan
Capaiaan Kegiatan
Kegiatan penilaian terhadap optimalisasi penggunaan smartphone untuk meningkatkan kinerja guru ini telah dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA, yaitu pada ketika membagikan link koesioner dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan penggunaan media online dalam menciptakan koesioner meruakan bentuk penemuan biar kegiatan berjalan evektif dan evisien.
Tahapan Kegiatan
    Membuat materi penilaian dengan memakai Microsoft Forms
    Membagikan Link Microsoft Forms untuk evaluasi
     Menkonsultasikan kepada atasan (Kepala satuan pendidikan) hasil evaluasi
Outpu/Hasil
Terlaksananya penilaian kegiatan
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran
     Adanya laporan penilaian keatasan sebagai bentuk pertanggung jawaban  atas kegiatan yang dilaksakan (Akuntabilitas)
     Mencari tau sejauh mana dampak dan efektifnya kegiatan menurut hasil ketercapaian output kegiatan (Komintem Mutu)
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi
Laporan penilaian kegiatan akan memperlihatkan sejauh manaefektifitas kegiatan yang dilaksanakan, hal ini berkontribusi pada misi yang ke 8 yaitu “Melaksanakan manajemen sekolah yang memadai sehingga sanggup memenuhi kebutuhan administrasi.”
Pengutan Nilai
Organsasi
Kegiatan penilaian ini menawarkan penguatan terhadap nilai organisasi budaya aib yang ke 7 yaitu “Malu bekerja tidak bertanggung jawab”
Analisi Dampak
Kegiatan penilaian yang dilakukan dengan mengedepankan penemuan berdampak pada lebih evisien dan evektifnya proses penilaian dimana proses evalusi dilakukan dengan memanfaatkan Microsoft Form yang kemudian link nya di persingkat dan di convert menjadi kode QR untuk memudahkan penyebaran link ke kawan-kawan guru.

Sekian post mengenai Laporan Aktualisasi LATSAR CPNS Guru TIK, semoga bermanfaat !

unduh Juga : Laporan Aktualisasi Latsar Forjab Guru 2019

Silakan meninggalkan komentar kalau ada yang ingin ditanyakan !