Yuk cari tahu, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini!

Diposting pada

Kenapa siku kesetrum kalau terbentur?

Waktu lagi mau ngambil pulpen yang jatuh di kolong, tiba-tiba. siku kita terbentur meja. Detik itu juga,. ada sensasi tersetrum menjalar keseluruh tubuh yang bikin kita kaget, kesakitan, dan rasanya mau meneteskan air mata. Hmm. apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?. Intinya, karena saraf dalam tubuh kita… terbentur!.

Ya, kalau di bagian tubuh lain ditutupi sama otot dan lemak,. saraf di siku bisa dibilang… minim perlindungan. Makanya, setiap kali engga sengaja kesenggol kenceng,. rasanya bikin kita mau teriak abis-abisan. Lalu… kenapa rasanya kayak kesetrum?. Apakah tubuh kita punya kekuatan listrik?.

Bukan, bukan karena itu! Tapi karena saraf kita memang…. super sensitif!. Sistem saraf ini emang terbentang dari leher sampai ke ujung jari kelingking. dan fungsinya buat ngerasain benda yang panas, dingin, kasar,. halus, sampai ngegerakin tangan dan kaki. Semuanya bisa terjadi berkat sistem canggih ini.

Itulah kenapa kalau saraf di siku kena benturan mendadak,. sinyal rasa sakit langsung dikirimkan ke markas besar. dan bikin sensasi kedut-kedut mirip disengat listrik!. Benturan ini juga yang bikin syaraf kita syok. dan tangan kita pun kaku untuk beberapa waktu.

Tapi, meski siku yang kebentur engga ngelibatin aliran listrik, tubuh kita juga bisa kesetrum. walau tanpa megang colokan. Ya, itu karena kita menyerap ion-ion negatif ini lewat kegiatan sehari-hari. dan waktu megang benda bermuatan netral, ion-ion itu pun berlarian. dari tangan dan bikin sensasi nyetrum yang hmm, lumayan menyakitkan.

Intinya, siku kesetrum itu karena saraf yang kesenggol dengan keras. Meski engga bener-bener ngelibatin dunia perlistrikan,. bagian tubuh yang satu ini emang mesti dijaga dari benturan.

Kok bisa suara orang beda-beda?

Suara orang itu beda-beda. Ada yang kalo nyanyi nadanya lebih tinggi dari gedung pencakar langit. Dan ada juga yang saking nge-bass-nya sampe bikin bumi bergetar. Tapi gak cuma tinggi rendah, setiap orang juga punya karakter suara yang unik. Lalu mungkin kita penasaran. Kenapa suara orang itu bisa beda-beda?

Untuk tahu jawabannya, kita mesti paham dulu, suara itu muncul gara-gara udara yang dipompa paru-paru, menggetarkan pita suara biar bunyi sampe akhirnya dibentuk a-i-u-e-o-nya lewat mulut.

Nah, perbedaan suara, baik itu tinggi rendah sampe karakter tebal tipisnya. muncul karena bentuk dan ukuran masing-masing pita suara kita juga berbeda.

Tapi, apa itu sebenarnya pita suara? Dan bagaimana cara kerjanya?. Meski namanya pita, tapi organ satu ini lebih mirip sama lapisan otot elastis yang adanya di bagian kotak suara kita.

Nah, lapisan inilah yang bergetar tiap kali kita teriak pesan bakso di sore hari. Nyatanya semua orang punya kotak dan pita suara yang unik. Dari tebal, panjang, sampe bentuknya. Dan, kalo bingung kenapa suara cowok itu lebih rendah daripada cewek?.

Bayangin ini kaya senar gitar yang semakin tebal senarnya, semakin rendah dan berat juga suaranya. Tapi, pertanyaannya, bagaimana kalo suara kita hilang? Apa penyebabnya? Bukan!

Bukan karena pita suara lagi main petak umpet, tapi karena membengkak. Ya. Kalo lagi pilek, iritasi, radang, atau bahkan kecapekan, pita suara bakal membengkak. dan akibatnya suara kita jadi melemah dan serak-serak becek. Tapi, tenang aja.

Asal diistirahatin yang cukup, pita suara bakal kembali normal seperti sedia kala. Pada akhirnya, suara itu penting dijaga. Biar suara kita itu awet sampe tua.